sedikit cerita yang menggugah peradaban manusia
RSS

Tuesday, May 25, 2010

the very first debate competition

sehari sebelum lomba kami briefing di lab bahasa inggris. jujur sumpaaaaaaaaaaah aku takut banget ama yang namanya kak yosua. mukaknya itu bisa bikin kita down kalo lagi debat. waktu kita speech, pasti mukaknya langsung nyepelein gitu. kalo ngeritik pedes des des bleh. kakak yang paling konsisten, baik hati, sabar mengajari adalah kak chris. dia selalu datang ngajarin kita kita.

di saat saat terakhir seblum lomba aja kak yos sudah bikin down..

kak yosua : (ngelihat aku ngisi form biodata lomba) IH JELEK BTUL TULISAN MU. CWE BILANG!

aku : im not a girl... not yet a woman.. *britney spears -ga nyambung ah-)

kak yosua : HEH CEWE ANEH, NAMA IBU MU DI FORM 1 NINA VIJAYA, DI FORM 2 NINA MARTINI, IBU MU ADA DUA YA?

aku : terlalu sadis caramu... sadis-afgan

kak yosua : pinjem pulpen mu ya safira!

aku : iya kak

selang beberapa lama..

aku : kak pulpen ku mana?

kak yosua : ga tau

aku : ..................... kok ga tau kak..?

kak yosua : aduh di mana ya? ilang kali ya?

aku : kak yossssssssssssss.....

kak yosua : sudah ga apa ilang aja loh

aku : (kau hancurkan aku dengan sikapmu... tak sadarkah kau telah menyakitiku.. *d'massive)

akhirnya setelah di humiliate sedemikian rupa, kami tim A dan tim B berangkat menuju ELC. sepanjang jalan kak yosua pun ngajak berantem ama sarah. cuman karna sarah orangnya cool cool aja, dia cuek cuek aja hahahahhaha

nyampe di tempat lomba, di elc, kami langsung misah, tim A di atas dan tim B di bawa. sarah ama kak erik nenangin aku yang nervous. gilak loh se tim ama mereka apa ga jatuhin mereka ya. di saat mereka sedang cheering me up, tiba tiba seorang om om yang akrab dengan kak eric dan sarah datang. yeah thats my first time seeing mas ari. my greatest coach yang nanti nya telah merubah aku elza ruth saat isdc dan alsa 2009. pertama kali datang, kak eric heboh gt deh ngenalin aku ke mas ari. trus mereka maksa maksa aku bwat simulation debate sebentar. aaaah screw you kak eric -.-
akhirnya kak eric jadi ngasih speech dengan motion THBT home schooling is the best alternative. dan aku disuruh rebut kak eric. oke i was really nervous being watched by mas ari. abis kata kak eric dia itu coach yang huuuebat banget. aaaah gila i dunno lah. dan aku speech bentar ( oh saya lupa ngomong apa, jelek jelekin home schooling lah hahaha).
trus mas ari bilang ku tipe 3rd yang nge rebut langsung. syalalala semacam itu lah. at that time i still dont get it what type of speaker i was hahahhaha.. trus aku diajarin bentar cara nge rebut dengan sistematika yang bner.

trus mas ari gone with the windddddddddddddddddddd

dan debat pertama dimulai!

THBT foreign culture should be banned

SMAN 1 B (+)
1st : Eric
2nd : Sarah
3rd : Safira
reply : Sarah

SMK (lupa) (-)
lupa semua hahahhahaha

kita brg tim lawan case building di satu ruangan yang sempit. aneh yah.
terus kita jadinya bisik bisik gitu.
kak eric ama sarah ga nuntut aku banyak banyak, hiks mereka baik :'(

di debat ini kita ga boleh POI, model australian bilangnya.. aaah i dont get it ah ahahahhah

debatpun dimulai..
kak eric maju as 1st speaker njelasin kalo foreign culture di sini yang membawa dampak negatif should be banned which is.. FREE SEX.. gila lo jadi tim ku lebih menekankan bahwa foreign culture itu yang harus di ban itu free sex.. wooohoo tim kita jadi lebih unggul dong hahahha..
trus tim negatif maju, nampaknya bingung mo bawa (secara kita scoop ke free sex -.-), mereka jadi ngomong bule bule ga bakal datang kalo foreign culture di ban (?)

sarah maju.. dan tau lah selanjutnya gimana.. BANTAIIIIIII.... krik krik
lalu tim negatif maju dan bener bener sudah ga tau lagi mesti ngomong apa, mereka bawa kita butuh belajar bahasa asing juga, kan bahasa asing = foreign culture

selama debat berlangsung, kak eric ga pernah absen bisikin aku rebuttal yang mesti di bawa HAHAHA enak dong aku dibantuin dibikinin rebuttal :p

aku majuuuu dan... menyampah.. hahahaha.. rebut ini itu, tapi masih kurang develop.. we didnt forbid to learn other languanges, bcos what we are going to ban is the culture which lead us into negative impact such as FREE SEX! HAHAHAHA tinggal di balikin aja kalo mereka bawa culture yang lain (curang)

akhirnya debat pun selesai... dan... yang paling mengejutkan adalah.. sarah tidak menjadi best speaker!! yang menjadi best speaker adalah dari tim lawan. tau mengapa? karna sebelum speech dimulai, mereka menyapa para audience.. menyapa adjudicators.."good morning ladies and gents.. first of all i would like to thanks.. syalalallalala..." dan tetek bengeknya itu. WHUAT... debate supposed to fight with arguments not through that lame greetings -.-
beruntungnya kami menang secara tim.. tapi kak eric, sarah, dan aku sama sekali ga terima klo debat awalnya harus use that kind of greetings.

and adjudicators were impressd by the opposing team, bcos they brought A LOT OF DATA from various website.

tim lawan itu seperti ini, "according to... www.imsosexybutidontgiveadamn.com it stated that blablablabla..". dan itu adalah poin plus bagi mereka. we were like.. WHUUUUUAAAT???? instead of arguing each other's data, we supposed to tackle the points.. rite..? oh my -.-

kak eric, sarah , aku pun mulai stres. apalagi sarah yang udah debat nya canggih, stres dia melihat hal hal tak terduga seperti ini hahahaha
prelim kedua pun dimulai..

THW legalize euthanasia

SMKN 1 A (+)
lupa... hahahhahahha

SMAN 1 B (-)
1st : Eric
2nd : Sarah
3rd : Safira
reply : Sarah

euthanasia adalah tindakan seorang dokter untuk mengakhiri hidup pasien yang kira kira sudah ga ada kemungkinan buat survive.
jadi ceritanya tim ku ga setuju euthanasia...

tim lawan maju.. dengan greetings nya.. hahahha... dan membahasa mereka would do euthanasia considering the patient's condition yang udah ga mungkin, and cuma bikin susah keluarga aja..

kak eric maju dengan membantah, yang namanya hidup itu ga bisa diputuskan seenaknya aja, mo mati tinggal mati. jangan mentang mentang si pasien tergolek lemah, parah, kita mengasumsikan dia sebagai orang ga berguna yang nyusahin aja. justru dengan begitu pasien akan lebih menderita, karna orang orang sekeliling dia pesimis (bahkan dokternya sendiri!) dan tidak mengharapkan dia hidup lagi. justru kita harus membantu pasien memahami arti hidup yang sebenernya, untuk tidak menyerah menghadapi situasi sulit. kalo apa apa merasa sulit, tinggal mati aja beres apa? kita harus menjungjung sikap tidak menyerah.
about the financial things.. there are a lot of organizations will help them (effectivity..?? nah haha)

lawan maju dan membantah, ni pasien bner bner mengenaskan dan ga bisa ngapa ngapain, asal dengan request dia dan persetujuan keluarga, ga apa kan?

sarah langsung membantah dengan mengatakan euthanasia is considered killing (take other people's lives), even with the consent of the patients themselves, euthanasia is just murder but with the label of scientific and health issue, and murder in any forms is not justified! jadi euthanasia itu sama aja taking other people's lives, tapi dengan dengan embel embel medical. seputus asa apapun keluarga dan dokter ga boleh nyerah gitu aja. apalagi etiket dokter, ga boleh dong pasien sakit, menyerah gitu aja. justru seorang dokter harus berusaha sampai akhir, di mana yang menentukan mati atau tidaknya pasien bukan dia, tapi emang Yang Maha Kuasa. ini sama ama mendidik dokter dokter untuk mempunyai sikap yang putus asa terhadap pasien. bahaya looh!! as Mariah Carey sings.."there can be miracle...when you believe.." hahahha sumpah gokil.

tiba tiba... lawan mengelak emang nya miracle happens everytime we need?

dan aku menjawab.. even if miracles doesnt always appear as we want, but we should still hope this patients will be better, not hoping them to die. dengan hope kita itu menuntun kita untuk tidak menyerah. miracles actually will happen if this patients believe they will get rid of the disease. for example.. nyonya armstrong sapa gitu.. yang divonis mati, tinggal nunggu waktu, but she believed she would recovered, eh beneran sembuh! that proves to us we need these patients not to be pessimistic about their lives. dengan menanamkan kepada mereka, ah lu bisa euthanasia, mereka akan mikir ga akan sembuh karna penyakit mereka. justru kita harus menanamkan optimisme, dan optimisme itu sendiri dapat menyembuhkan pasien. (gooood.... need some justification -.-)

3rd speaker mereka tiba tiba dengan lantang seraya berkata.."kalian ga boleh bawa bawa miracle! miracle itu agama! di debat ga boleh ada yang namanya nyinggung agama!!"
dan dia ngomong sangat meyakinkan sehingga adju pun terpikat -.-

aku sarah kak eric bengong.. ancrrriiiiiittt bawa di 3rd lagi... lagi pula we werent talking the whole things in religion wayyyyyy..... kita nge bawa sikap kita terhadap pesimistik dan euthanasia is the other form of killing.

udah pesimis banget tuh kami... eh eh eh dan eeeeeeeeeeeeeeeeeeh... saat verbal adjucation.. adju mengatakan bahwa hasil debat nya adalah.. TIE... alias.. DRAW.. alias.. NO ONE WINS THE DEBATE!!!! TIE!! DRAW!! like, is there any tie in debate???????
katanya we are not allowed to bring any miracle things in debate, but they considered us as great debaters, so thats why they gave us DRAW.
and also.. juri sama sekali tidka suka kepada kami yang langsung gentak debat. while lawan kita sebelum debat, they greet the adju like.."good morning the honourable adjudicators.. thanks for the blablablablbla..."
ohmaigotttt -__________________-
begitu debat ini selesai, kami diberitau untuk tanding ulang melawan SMKN 1 besok.. like whaaaat????
kak eric langsung lemes abis. sarah shock cuman masih cool. aku bingung. trus kak chris and kak eric nelpon mba nanda, senior debat kami di UI...

kak chris : hoy nan, tadi tim junior gue tanding trus lo tau ga hasil nya apa? TIE!

mba nanda : WHUAT? dalam sejarah debat gue selama hidup ini GA PERNAH GUE NEMUIN ADA NYA TIE OR DRAW..

kak chris : (menjelaskan panjang lebar)

mba nanda : gue mau ngomong ama eric dong

kak eric : halo.... mba? (sumpah lemes banget suaranya!!!!!!!!!!!!!!!!)

mba nanda :eh ric gimana?

kak eric : aduh mba.. pusing banget deh.. rasanya bumi sedang berputar..

safira : kak chris.. bukannya bumi emang muter ya?

kak chris and elza : HAHAHAHAHHA

elza : ric! bodoh banget sih! bumi kan emang muter!!!

kak eric : tapi sekarang tuh kerasa banget puterannya!!!!

kak chris+aku+elza : HAHAHAHHAHAHA

akhirnya kami pulang ke rumah masing masing.. dan aku di suruh sama kak eric search matters in internet. buset pokoknya klo setim ama kak eric, bakalan jadi BABU nya. gue search and print those matters.. bner bner segepok aku print!

esoknya kak eric kaget setengah mati aku print banyak banget matter HAHAHA.. aku membungkus matter dengan map hello kitty ku (sok imut haha)

THBT smoking should be banned

SMKN 1 A (+)

SMAN 1 B (-)
1st : Eric
2nd : Sarah
3rd : Safira
reply : Sarah

kali ini kami kebagian negatif... dan lagi lagi kami casebuiliding di ruangan sempit itu bersama tim lawan -.-

kami saling mengingatkan untuk menggunakan GREETINGS now.. HAHAHAHA

positive team maju dengan membawa health issues. bahwa merokok itu tidak sehat, merusak paru paru, impotensi, kanker, gangguan kehamilan, kebutaan.. (ga yah?)

lalu kak eric maju dan mengucapkan salam hangat dan selamat pagi kepada audience HAHAHAHAHA. kemudian kak eric membantah bahwa orang orang yang merokok itu mempunyai hak untuk menentukan yang terbaik buat mereka, including kesehatan mereka sendiri. government itself tried to tell people not to smoke through many ads and socialization, but back then, it all depends on themselves.. are they still going to smoke or not.. govt supposed to respect people's right to choose, and we see govt itself has done a lot of things to prevent them to smoke.. but at the end, its people decision to choose, to smoke or not to smoke?

lalu lawan maju dan membantah kak eric dengan tetap mengatakan itu merusak kesehatan, and govt doesnt do anything gitu deh.

sekarang giliran sarah maju! sarah keliatan males banget.. ogah banget pake greeting greeting an..

sarah : ladies and gentlements.. thank you for the opportunities given to me today.. SO THE PROBLEM IS.. BLABLABLABA (mulai rebut)

aku ama kak eric ketawa ngakak, jd greetingsnya itu bner bner selewat banget dan keliatan ogah ogahan banget hahahhahahaha...

kemudian lawan keok. hahahahhaha sarah ngejelasin govt's job is to protect people, including their rights and their lives. we respect people to smoke or not to smoke. we as a good govt still do the action to stop them for smoking, but we're not going to forbid him. we tell people which one is good and which one is bad, we could see clearly on the box of ciggaretes warned us not to smoke.. EVEN in they put the warning right on the box so people will notice it.. govt educate people not to smoke due to health issue.. after that, we couldnt do anything further such us do intervetion to their privacy! people will choose their own path, they know the risk, they know the consequences, weve done our best!
dan sarah membawa if we ban smoking, bagaimana dengan nasib industri rokok kita? pendapatan terbesar dari negara kita adalah... CIGGARS.. selain akan mematikan perekonomian indonesia, bagaimana nasib buruh buruh yang kerja di industri rokok? dipecat gitu aja? while they livelihood needs were fulfiled by working at those industries!!!!bukan 1-2 org aja yang kerja di pabrik rokok, mo kemanain lo THOUSANDS of workers dari pabrik rokok?

3rd speaker mereka maju, dan membawa POIN BARU.. well if he did that diem diem nyelip nyelip its okay lah, he brought the new points obviously -.-
mereka bawa poin passive smokers. other people who do not smoke will be disturbed by those who smoke.. and dia bilang bwat para buruh pabrik, dikasih kompensasi aja semuanya. nape juga si industri ga stop producing aje, kan harmful gitchu deeeh -.-

well its now my turn.. karna mereka bawa poin baru.. pertama aku bantah poin passive smokers dengan.. govt's job is both respecting passive smokers and the active one. govt is respecting the active one by letting people to smoke but weve give the warnings already. and govt respect the passive one by the smoking room in public places so those people wont be disturbed (effectivity will be quoestioned thou ;p). govt could not neglect one part of society, they re not going to care for the active only or the passive only. govt care both society, and yes its the job of govt to protect ALL people's right. aku ga terlalu focus on their new points. takut dikira bawa poin baru juga. hahahaha..
dan mereka blg untuk memberi kompensasi kepada buruh buruh pabrik itu.. like helllllooooo are you going to feed them ALL? like.. to feed thousand people for free, while govt is already in difficult financial situation? misalnya ni ye.. si bapak kerja tuh jadi buruh pabrik. eh dipecat gara gara tutup pabrik nye. trus si bapak makan pake ape? mending si bapak doang, eh si bapak punya istri, trus anak banyak, mo di kasih makan apa keluarganya? jd pembrentian pabrik rokok ini will affect ALL part of society. si kepala keluarganya kan nanggung beban istri anaknyaaa di kemanaiiinnnn...
dan.. aku kan baru belajar ekonomi tuh kelas 1 sma.. di ajarin hukum penawaran dan permintaan (supply and demand law, di mana penawaran akan selalu ada selama ada permintaan).. trus aku bote botek aja waktu debat, as adam smith, the expert economist, stated on supply and demand law, when theres a demand, there will be a supply.. why those industries is still producing ciggars? bcos those people DEMAND for it!! as long as people still want ciggars, the ciggars will be provided., theres now way to stop the industries, unless those people stop smoking by their CONSENT.

trus sarah maju reply.. iiih sarah klo bawa reply ituuu.... menghanyutkannnnnn.... bener bener ga ada yang nandingin dia, bahkan dia sempet sempet nya kasih rebuttal baru, tapi bner bner dikemas sedemikain rupa sampai org ga bakal nyadar dia lagi nge rebut, hebat cuy.. bahkan poin supply and demand yang dinilai sebagai poin baru, bisa dia bawain di reply seolah olah tim ku sudah membahas itu sejak awal. apik dah.

akhirnya debat pun selesaiiiii.. dan kami senang... kami menang dan sarah jadi best speaker!!!!!!!!! yiiiiihhaaa!!!! thats what the real debate ;p

akhirnya kami melaju ke semi final!!!yihhhhaaaaa
dan kami mendapati kami akan melawan SMA (lupa), elza melawan SMA 4 di semi nanti... wooookay!!!

esok harinya aku dan elza lomba speech ELC.. sekaligus TM bwat semifinal.. tim nya elza ga usa ditanya, LANCAR ABISSS.. dan kak yosua sempet jadi best speaker karna meneriakkan kata merdeka!!!

hahahaha dan tim mereka ini sadis banget.. mereka dapet motion THBT home schooling is the best alternative, kak yosua nge define motionnya.. the best alternative for the HANDICAPPED

gila tim mereka.... HAHAHAHAHHA SADIS GA KETULUNGAN.

saat TM semi final kami mendapati tim smansa A dan smansa B bertemu di semifinal!!!!!!!!!!!! watdefak gitu. aku langsung protes abis abisan ke panitia. abis aku tanya kemaren, smansa A dan smansa B ga ketemu di semi, tapi lawan smansa A itu SMA 4, lawan kami adalah SMA (lupa) hihi. dan setelah aku protes keras, panitia langsung mengganti format semi final. fiiiuuuuhh...

esoknya.. kami tanding semifinal di gedung nasional... dan ternyata SMA 4 itu marah pada kami. katanya kami curang menukar posisi di semifinal. hey i wasnt cheating, aku sudah konfirmasi ke panitia seblumnya, smansa A lawan SMA 4!
SMA 4 langsung ngambek dan pulang. ga tanding.

kak yosua langsung miris miris sendiri seraya berkata,"mau sehebat apapun lawan kita, jangan pernah berpikir untuk menyerah. jangan kalah sebelum bertanding.. lawan smansa doesnt mean that we absolutely gonna win the debate.."

hmmmm...
akhirnya.. kami tetep lanjut semi final lawan sma apa yah lupa hihihi..

aku juga lupa motionnya apa.. kalo ga salah THW change balikpapan's slogan

dan.... aku lupa detail debat nyas seperti apa.. but we won the debate! yeaaay :D

eng ing eng... SMANSA A vs SMANSA B di final!!!!!!!!!!!! woooohoooo

tapi sebelumnya smansa A, tim nya elza bareng kak yos dan kak chris, exhibition dulu lawan SMA 2. kali ini boleh POI untuk menyemarakkan suasana..

dengan motion THW legalize prostitution

SMAN 1 A (+)
1st : kak yosua
2nd : elza
3rd : kak chris
reply : kak yosua

SMAN 2 (-)
lupa.. hihihihi

aku lupa detail debat nya gimana... tapi tim nya kak yos akan melegalkan prostitusi dengan menempatkan prostitusi itu di suatu tempat yang jauh dan susah dijangkau orang, dan prostitusi itu dikontrol dengan ketat oleh govt.

tim lawan bersikeras, prostitusi itu jelek. pokoknya dia tidak setuju dengan peng-lokalisasian prostitusi. aku lupa detailnya hahaha tapi yang paling aku ingat adalah POI nya kak yosua.

kak yosua : on that point sir..

lawan : yes?

kak yosua : so... you would rather see a WHORE in front of your house than in prostitution?

HAHAHAHHA kak yosua terang terangan bilang whore in the debate -.-

dan debat dimenangin oleh smansa A (yeaay!) dan best speaker jatuh kepada kak yosua -.-

dan final pun dimulai!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

THBT balikpapan has high potential of tsunami (whuat?? what kind of motion is this!??!?)

SMAN 1 A (+)
1st : kak yosua
2nd : elza
3rd : kak chris
reply : kak yosua

SMAN 1 B (-)
1st : Eric
2nd : Sarah
3rd : Safira
reply : Sarah

kak yosua mendefine motion dengan sangat.. licik!!! kek kasus homeschooling for handicapped itu. hmmm tapi apa ya.. aku lupa dia mendefine motion.. seingatku.. kak yos mendefine.. balikpapan has high potential of tsunami bcos balikpapan doesnt have any pendeteksi tsunami, karna harganya mahal (?)

karna papaku sangat ahli dalam tsunami, aku belajar banyak dari papa. trus aku jelasin bagaimana tsunami ini (kira kira hihihih) tidak mungkin terjadi di balikpapan ke sarah dan kak eric. balikpapan ga akan punya tsunami, tapi cuma kena getah trigger dari sulawesi blablababla... read about the ring of fire dudes. kalo soal data, kami lengkap boooook. anyway, aku benci ama motion nya elc yang kebanyakan perang data -.-

kak yosua maju dan aku benci banget ngeliat dia wkt maju. hahahahaha rasanya gemes banget hahahaha.

kak eric maju dengan segudang data why balikpapan ga akan kena tsunami, hanya kena trigger nya dikit dan itu kemungkinan kecil bablablablababablaaaaaa...
lalu elza maju dan membantah kak eric. tapi aku lupa detailnya HAHAHAHHAA... soalnya aku uda stres liatin kak yosua (bnran tiap liat kak yos itu aku langsung takut banget)

sarah maju dan membantaiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiiii!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! sarah membantai poin pendeteksi tsunami yang menjadi poin andalan mereka. aaah i forgot the detail... dan sarah menghubungkan : karna balikpapan doesnt have high potential of tsunami, its not really necessary for us tou buy the pendeteksi tsunami yang mereka definiskan sbg high potential of tsunami.. jadi walaupun motion didefinisikan licik oleh kak yosua, sarah mampu membawa kembali ke arah yang diinginkan tim kami!!!! bravo sarah!!!!

trus kak chris maju. wkt kak chris maju, aku nemuin satu poin yang blum dibawa. itu saat aku lagi baca matter matternya tsunami ini. trus kak eric ama sarah suruh aku bawa aja poin itu (again i forgot what points hihihihi). pdhl 3rd kan.. ga bole bawa poin :(
gentak aja katanya kak eric n sarah, selip selip in aja

akhirnya aku maju dan rebut tim lawan.. dan membawa poin baru!!!!!!!!!!!!! yeaaaaaaaaaaay!! hahahahhahahahhahaha aku ngejelasin lebih lanjut the things about the ring of fire which wont cause any tsunami to balikpapan. dan bagaimana plateu plateu yang memungkinkan terjadi gempa dan tsunami tidak ada di balikpapan. hmm... sepertinya aku sedikit ingat poin baru yang ku bawa itu apa.. sepertinya memgenai pendeteksi tsunami, aku bawa badan apaaaaa gitu yang membuktikan we dont need those pendeteksi tsunami be bought by balikpapan, bcos this badan-apa-gitu-lupa will detect the tsunami for us. therefore:
1. karna kondisi ring of fire and the plateus nya, balikpapan doesnt have high risk of tsunami, thus if they claimed balikpapan does have high potential of tsunami bcos we dont have any pendeteksi, karna kemungkinan tsunami kecil at the end we dont need that pendeteksi ( jadi tim lawan mendefinisikan high potential tsunami karna ga punya alat pendeteksi, nah kami membuktikan bahwa tsunami tidak akan terjadi, thus whats the use of pendeteksi tsunami that symbolized the high potential of tsunami? ngerti ga? ribet ya hahahahah)
2.even if tsunami does happen, its only triggered by sulawesi, and badan-apa-gitu-aku-lupa will detect for us, thus those pendeteksi which they meaned by high potential tsunami will be safely assumed is not needed by balikpapan to bought them

ayo ngerti ga aku aja bingung haahhahaha

dan nampaknya tim lawan menyadari aku bawa poin baru HAHAHAHA...
namun sarah dengan apik menutupi bahwa aku bawa poin baru di 3rd dengan sangat baik. sarah reply nya wooooooooohooooooooo.. dan aku melihat kak yosua stres! kak yosua stres!!! pemandangan langka! HAHAHAHHA

dan giliran kak yosua tampil reply.. aku sarah kak eric tutup telinga aja syalalalalalala....
dan debatpun kelar...

kami kembali bersenda gurau kembali..
ini motion teraneh yang prnah mereka perdebatkan (kata mereka yah)
dan saat itu sedang hot hotnya hoax kalo hari itu, hari senen, tepat kami tampil final, balikpapan diisukan kena tsunami.. pas banget di hari kami lomba dengan motion tsunami! rencananya tim smansa B, aku sarah kak eric kalau dapat posisi positive, kami bakal bilang..
"ladies and gents.. we believed that balikpapan really has the high potential of tsunami.. you want us to prove to all of you?"
dan tiba tiba gempa mengguncang balikpapan dan lokasi lomba debat kami, dan tsunami mulai datang..
"SEE LADIES AND GENTS! IT PROVES TO US THAT BALIKPAPAN HAS HIGH RISK OF TSUNAMIIIIIIII (*run)"

-____________________________________-
syaalalalalala hahahahahahha

akhirnya pengumuman pemenang..
eng ing eng.....
smansa A won the debate.. aku ama kak eric lemes.. padahal kami berharap sedikit bisa menang.. sarah mah cool cool aja.. dan adju mengumumkan kami kalah dengan MARGIN 1! wooohooooo ! lalu kami mengolok ngolok tim smansa A yang menang, tapi CUMA menang tipis. hihihihihihi

dan olokan kami makin deras begitu mendapati.. sarah jadi BEST SPEAKER!! woohoo mengalahkan kak yosua!!! HAHAHAHHAHA

aku seneng banget bisa debat setim ama kak eric ama sarah, seru banget.. mereka baik banget.. kak eric walaupun sok otoriter nyuruh macem macem dan memperlakukan aku kek babu, he did it for the sake of me.. sarah yang paling menerima aku padanya, ngajarin aku pelan pelan.. trus ga perna nuntut! hiks i love you sar :*

lalu kami mengambil piala kami yang GUEDE naujubile.. dan bayangkan dong.. kami jalan kaki pulang ke sekolah bawa piala batu gede berat ga ketulungan.. langsung lemes kami semua..

walaupun pengelaman debat di elc absurd.. aku senang banget bisa debat brg brg kak yosua kak chris elza and of course my dearest teammates.. sarah dan kak eric!!! love you guys! :*


aku dan kak yosua, being absurd before the announcement



kak yos mintain aku poto dia pose kek gitu -.-



smansa A+ smansa B + supporters dari smansa hihi



aku sarah kak eric wooohoo my very 1st team


sarah elza kak eric aku kak chris, smansa debaters :D

thanks for all the moments we shared together guys, i will never ever forget you!!!
and big thanks to sarah and kak eric
love yaaa!!!

2 comments:

tiara aywrdn said...

AAAAAAHH I adore you all, debaters! :D

cues said...

waduh,,,,,keren abizzzzzz
semoga ya saya seperti mereka
rasa takut melanda ku saat debat nanti,,,,,,
thanks,,,,,atas info nya
tenatng debaters,,,,,,,,,
great,,,