sedikit cerita yang menggugah peradaban manusia
RSS

Sunday, May 16, 2010

USM ITB 2010


alhamdulillah banget saya bisa diterima di ITB, yang konon katanya Institut Terbaik Bangsa (well asumsi orang sih). but saya bener bener bersyukur karena Allah SWT telah mengabulkan doa saya :]

terdapat rentetan orang yang sangat berjasa dalam perjuangan saya masuk ITB. tapi sebelumnya saya ingin mengucapkan terimakasih kepada :

1. Allah SWT
saya percaya dengan sangat. segala usaha kerasa kalo ga dibarengi doa, bakal sia sia! im not gonna say ive been accepted in ITB because of my hard work and blablabla and those kind of bluffing stuff.. saya percaya saya bisa masuk ITB, karna Allah lah yang mengabulkan doa saya :]
masih banyak orang yang lebih jenius dari saya. banyak bahkan. tapi saya tidak berenti berdoa kepada Allah, agar dengan mukjizat nya saya bisa lolos USM daerah. and here is.. miracle happens. ive been accepted in FTMD ITB. Alhamdulillah ya Allah!

2. parents
siapa lagi coba yang mendukung saya kapan pun di mana pun kalau bukan orang tua? mereka lah yang selalu men-support saya. ketika saya pesimis, mereka lah yang mendorong keluar dari itu semua. yang mengingatkan saya akan Allah ketika saya bener2 udah ga ada harapan bwat ITB. thanks mom n dad :')

3.my big brother
kakak saya pernah ikut USM daerah maupun USM pusat. kakak saya ikut dalam keadaan sakit. tapi walaupun sedang sakit, kaka saya tidak pernah putus asa. katanya kakak saya diterima di SBM. karna target nya adalah teknik, maka dia mencoba lagi di USM pusat. dalam keadaan tidak se fit peserta lain, kakak saya masih bersemangat ikut bimbel dan USM pusat.walau kakak saya tidak masuk ITB, tapi masuk Teknik Mesin UGM. kalau ada yang bilang teknik UGM jelek, woooy nyadar lah, emang masuk UGM gampang? jidat lo jelek
dengan segala pengalaman menghadapi USM daerah dan pusat, kakak saya mengajari saya dan beberapa tips n trik dalam ujian. ini sangat membantu saya dalam menghadapi USM daerah. saya sangat berterimakasih padanya.

4.pak adi, pak mujianto, bu nana
pak adi = guru matematika. pak muji = guru fisika. bu nana = guru kimia. mereka semua adalah guru privat saya sejak kelas 1 SMA! dengan telaten mereka mengajari saya sehingga saya bisa masuk ITB. terimakasih pak,bu. telah meluangkan waktu untuk mengajari saya :]

5.pak sujadi
guru les saya juga. tapi guru ini beda banget. guru les matematika gw sejak 4 SD sampai sekarang!!! beliau pula yang menggenjot saya dengan soal soal skolastik dan matdas ITB. terimakasih banget pak!

6.pak komang
2 minggu sebelum USM daerah ITB, dengan pede nya saya tidak masuk sekolah (bolos cihuyyy!) dan konsul privat ama pak komang, pengajar GO balikpapan. dari pagi ampe sore saya berkutik skolastik+matdas sama bapaknya. soal soal ITB yang mematikan satu persatu ditaklukan. ya ampuuuun pak makasih banget pak, berkat bapak saya masuk ITB!

7.guru guru lain
guru guru di kps.. guru guru di smansa.. guru guru di GO.. makasih banyak sudah membimbing saya! saya tidak tau berterimakasih dengan cara apa ke bapak ibu... i love you all!

8.enov siahaan
nah loh bingung kan kok ada enov. sebenernya enov ini merupakan salah satu kunci keberhasilan saya menembus ITB. makasih ya enoooovvvv!!!!!!!!!!! karna ini adalah rahasia antara saya dan enov, saya bungkam saja. hahahaha tapi bneran loh nov. makasih makasih makasih banget nget nget ngettttttt!!!!!!!!!!!!!!!

9.bu mindri ITB
terimakasih bu, berkat ibu saya bener bener mengetahui minat dan bakat saya. berkat ibu saya tau bagaimana memilih jurusan tanpa mementingkan passing grade. the lower one doesnt mean its not good as STEI, FTI, FTTM, dll.

10.BESTIES AND ... ALL PEOPLE
maaf cuma top ten aja, saya berterimakasih kepada temen2 saya mendukung saya dan semua org yang membantu saya :D

okay saya akan berbagi sedikit tips dan trik untuk yang mau ikut USM ITB

preparation :

1. sedini mungkin belajar malah lebih baik. denger2 temen saya udah ikut bimbel USM sejak kelas 2.

2. cari info di mana mana! ini penting! mengingat di daerah seperti balikpapan kurang akses info mengenai soal soal ITB. tapi ingat! ITB GA PAKE BOCOR BOCORAN. kalo ada yang nawarin kalian soal bocoran, ya pelajari aja SEBAGAI REFERENSI, bukan PATOKAN. soal ITB asli dan selalu baru. tapi tipe soal bisa dipelajari.

3. kuasai dasar dan konsep matematika, fisika, kimia, biologi. ingat konsep nya. mau sesulit apapun soalnya, kalo udah megang konsep nya, Insya Allah bisa. dan neglecting one of those subjects. jangan mikir, "aku kuatin di matdas ah, fisika dikit aja." tiap mata pelajaran sangat esensial menentukan kelulusan mu dalam USM!

4. untuk bahasa inggris, latian TOEFL! mungkin ga sesusah TOEFL, but once you beat TOEFL, you beat ITB english test ;p

5. kalau ada yang bilang TPA/skolastik ga usah latian, karna emang dari sono nya, jangan percaya hahahaha. menurut saya, kalau kalian melatih TPA/skolastik, maka kalian akan lebih siap. karna sudah pernah menghadapi tipe tes seperti itu. bandingkan dengan orang orang yang beranggapan TPA tergantung otak n udah dari sononya, maka dia cenderung tidak siap dan kesannya 'pasrah'. ingat menyiapkan lebih baik dari pada 'pasrah'

6. jangan bikin pola tidur dan pola belajar tabrakan. ingat kalian memang harus belajar, tapi kalo ga istirahat cukup, kalian bisa jatuh sakit waktu tes

7. ga usah diet diet an, ganggu konsentrasi aja (pengalaman nyata)

8. kalao kalian biasa nyontek di sekolah, agak kurangin dikit. ngaruh loh. kalau udah kebiasaan nyontek, nemu satu soal susah n ga dapet contekan, bakal gelisah setengah hati (PENGALAMAN NYATA HAHAHA). makanya kurangin, biar kamu bisa konsen di ujian USM mendatang dan tidak tergantung orang lain.

9. ketika belajar, pantang nyerah dalam memecahkan soal tapi jangan ngotot juga. pantang menyerah = kalo nemu soal keliatannya susah, jangan langsung nyerah trus skip soal lain. klo smua soal keliatan susah gimana? coba aja dulu sebisa mungkin. klo bner2 ga bisa baru skip, atau tanya guru. ini bisa membantu kalian dalam beradaptasi mengerjakan USM kelak.

10. last but not least... BERDOA. percaya. hidup saya aja berubah karna DOA :]

sehari sebelum USM :

1. mau belajar? dikit aja review doang. secara hari 1 psikotes. menurut saya nyantai aja. rileks. senang senang deh pokoknya

2. jangan tidur larut, ga konsen besoknya

3. bawa 20 pensil. 10 pensil 2B kayu + 10 pensil HB (serius), ato ga beberapa aja asal bawa rautan. menurut saya bawa aja 20 pensil hahahaha. supaya ga buang buang waktu nge raut. ingat time is money (??)

4. cek kelengkapan, kartu peserta dkk

5. ga usa bawa papan scanner, ga akan boleh dipake.

USM ITB day 1 :

1. jangan sampai telat, lebih baik nunggu

2. hari 1, cuma boleh bawa PENSIL HB. tok. ga boleh bawa yang lain. setip, papan scanner, tisu, sapu tanggan are not allowed.

3. cari posisi duduk yang enak. psikotes harus konsen.

4. waktu ngerjaen psikotes.. nyantai aja. tapi harus cepat. karna permainan PSIKOTES aslaha WAKTU. sebagian peserta pasti kekurangan waktu. bukan sebagian besar, mungkin semua. hahahaha psikotes adalah masalah ketepatan dan kecepatan

5. jangan berkutik di satu soal, ingat wooooyyy waktu ingattt!!!

6. jangan pikirkan kesalahan yang sudah lalu.

7. dengerin instruksi bner2, salah2 malah menggagalkan loh

8. tes gambar : wartegg test, jadikan clue masing2 sebagai pusat perhatian. jangan di gambar trus clue nya jd kabur gitu

9. gambar orang : gambar orang detail. ga boleh karikatur. namanya siapa, usia, kerja, hobi dll

10. gambar pohon : gambar yg detail! kasih nama pohon. seingat saya gambar pohon dikotil.

11. kraeplin test. tes koran. nah loh. ini yang paling di tunggu tunggu orang. hahahaha. jadi ntar di suruh jumlahin angka2 di kertas koran gedeeeeeeeeeeeeeeeeeeee naujubile full of angka. tulis angka terakhir dari penjumlahan aja. contohnya. 5+5=10, cukup tulis 0 di antara angka 5 dan 5. gampang kan? gampang tapi bikin stres. jangan anggap remeh tes ini. cari posisi duduk yg enak. cari cara grip pensil yang enak. dan yang paling penting RITME yang enak. percuma cepat2 di awal, letoy akhir2. ga usah liat kanan kiri, bikin stres hahahaha. saya aja waktu ngerjaen dan tangan serasa udah mau copot, saya ingatkan pada diri saya sendiri.."ITB...oooh ITB menunggu.. ITB..." lalu semangat saya bangkit kembali.. bahkan nyanyi lagu nya Jangan Menyerah D'masiv hahahaha...

USM day 2 :

1. sama hal nya psikotes, skolastik harus nyantai dan merupakan permainan ketepatan dan kecepatan. jangan buru buru. jangan pula kesantaian. biasa nya soal soalnya 'unik unik', tapi pada dasarnya bisa dikerjain kok asal ga gugup. yg bikin susah yah kegugupan itu.

2 yang berpotensi kekurangan waktu (mungkin pasti yah) : tes aritmatika, geometri, analisis. jad hati hati yah

3. isi kepribadian kita. jangan asal asalan an! walaupun cuma personality test, kalian harus serius mengerjakannya. bisa menjadi penentu juga.

4.tes bahasa inggris.. saya rasa waktu cukup saja. untuk reading biasanya akan dibingungkan oleh 2 jawaban yang mirip dan benar. grammar saya rasa kalian bisa lah. asal jangan lupa belajar grammar TOEFL. banayk keluar.

5.MATDAS TIME!! mungkin soal 1-10 kalian akan berpikir wah soalnya nampak mudah yah tapi kok susah???!?!?! misalnya saja bilangan yang diantara 5 pangkat 20 dan akar 16 dari 2 pangkat 20 lalalalaala. bakal mikir, kan yang ditanya angka yang diantara.. kalo angka di antara 4 dan 2 tau lah itu 3, tapi soal nya menyajikan angka yang fantastis.
oya hati hati ama matdas ini. walopun soal soalnya kalian anggap mudah, ternyata soal soal itu membutuhkan analisis yang lebih dalam. jd jawaban yang kalian temukan, salah sekalipun ada di pilihan itu. saya mengalami nya. saya mengerjakan satu soal, dan merasa gampang sekali yah ITB ini!! dan saya mulai curiga, saya kerjakan soal itu lagi dengan menggali lebih dalam, ancek ternyata jawaban saya yang awal adalah jebakan alias salah. konon matdas itb mampu menebak jalan pikiran kita kita semua. hati hati yaaa jangan terbuai dengan 'kemudahan' nya. hanya nampak luar nya saja itu. mengenai waktu.. saya merasa kekurangan. masih.. merupakan ketepatan dan kecepatan

6. MIPA TERPADU! menurut saya banyak fisika nya sih. banyak ngejebak juga. banyak 2 jawaban yang bikin kita ragu. dan saya sama sekali tdk menjawab biologi HAHAHAHA saya memang sangat lemah di biologi. jangan ditiru! oya satu tips lagi... MIPA terpadu kalian akan merasa kebanyakan waktu, karna kalian bingung, mau ngerjaen apa lagi yah soalnya semua soal susah ahahahaha. tapi yg seperti saya bilang, JANGAN MENYERAH SAMPAI AKHIR. jangan kalian berleha leha lantaran kalian melihat banyak peserta yang santai (bahkan tidur!) lantaran ga bisa ngerjaen soal. ini kesempatan kalian untuk memecahkan soal yang tidak bisa mereka pecahkan!!! pokoknya kerjaen tuh soal ampe semaput ampe bel bunyi. jangan sia sia kan waktu.

well thats all folks!!!!!!!!!! :D
yang terpenting adalah... sesudah USM, jangn dengerin temen temen kalian bacot dia bisa ngerjaen lah, cetek lah. TUTUP MATA TUTUP TELINGA. yang penting kalian udah usaha dan... yang bisa kalian lakukan terakhir adalah DOA :]

2 comments:

Enov Siahaan ( Liand ) said...

ra..
kok ada nama ku ya???
dan q bener2 lupa eh sama USM ITB..
soalnya itu maw ikin kepalaku pecah..
hahaha

safira said...

hahahaha lupa ye. dulu kamu ngasih aku buku soal latian buat itb, itu mirip banget konsep konsep soalnya ama usm. gile waktu ngerjaen aku ampe memanjatkan pujian ke kamu nov hahahaha