sedikit cerita yang menggugah peradaban manusia
RSS

Monday, September 27, 2010

sekilas cerita : Road to ALSA 12

sebenernya ni blog sudah kadaluarsa, kagak pernah dibesuk lagi. tapi, baru baru aja gue ikut kegiatan debat di ITB. gue jadi keinget blog gue ini yang mostly isinya ttg debat. gue baca deh satu satu tuh cerita yang pernah gue tulis. cerita gimana gue bisa debat. lomba debat pertama kali yang aneh. latian yang aneh dan fun bersama our beloved coach :*. perjuangan ditindas ama sekolah sendiri yang menuntut kita menang, klo ga menang ga usah ikut lomba (ALSA UI 13, tim gue elza ruth)

setelah gue baca baca, gue yang kuliah ini ga ada semangat buat debat, kembali menemukan api semangat. anjir ah najis. jadi gue mutusin buat tetap ngikutin debat di univ. doain ye, walopun ga hebat setidaknya gue pengen nyoba jek.

ternyata ada dua cerita debat paling sensasional yang blum gue ceritain di sini. pertama, ISDC 2009. kedua, ALSA UI 12, di mana lomba debat nasional pertama gue. (yang juga gue jd parasit abis di tim lah hahahhahaha)

okay here we go, kita cerita cerita ttg ALSA UI 12 aja ye!

setelah gue ngikut lomba aneh di ELC itu, kak erik sudah ancang ancang mau ikut lomba debat nasional di UI, ALSA. ternyata di ALSA, ga cuma debat ada speech juga. gue yang notabene speech-er (sounds weird), lebih milih speech wkt itu. secara debat gue masih lola lolo. yang ada juga numpang tenar ntar ama sarah n kak erik

tapi jauh dilubuk hati gue, gue juga pengen debat ketimbang speech. pengalaman setim ama sarah dan kak erik di ELC, bener bener brrrrr ASIK BANGET. kita tegang, tegang bersama. senang, senang bersama. klo gue bingung, ada sarah kak erik yang bantu aku. klo speech yah lo bacot2 ria di depan, ga seasik atmosfernya debatlah

jadi gue malu malu kucing, anjir najis lah pokoknya . mau mau debat tapi ga yakin ama kemampuan sendiri, jd seringnya klo ditanya maunya speech.

akhirnya kak erik ama kak chris minta seseorang yang pernah ngelatih gue secara singkat di ELC dulu, mas ari (jeng jeng jengggg) buat ngelatih aku ama elza buat milih sapa 3rd speaker yang bakal setim ama sarah n erik

kak erik SUMPAH SEMANGAT BANGET. ni org ga kira kira lah pokoknya. hahahaha
jadinya pertama kali gue latian beneran ama mas ari di suatu sore. cuma bertiga dengan elza. mas ari ngeluarin laptop, trus masang masang lagu mellow mellow jazz jepang gt. gue ga ngerti tapi yoiyoi aja hahahahha.

kami dikasih pr sebelumnya... kami disuruh give speech with the topic of..
gue : 10 alasan mengapa selingkuh itu baik (WATDEFAK)
elza : 10 alasan mengapa AIDS itu bagus

oke gue riset ke mana mana, ampe nanya ke bokap gue gt. bokap gue dengan pangling blg.. "jangan tanya ke papa dong dek! mana pernah papa selingkuh!"

oke deh pa, aku percaya kok hahaha

akhirnya gue menemukan 10 alasan *yang sangat dibuat buat* mengapa selingkuh itu baik (bisa dibaca di postingan blog gue yang luar biasa expired)

trus gue mule nyebut satu satu alasan alasan busuk itu, trus mas ari itu ngakak ngakak sendiri, gimana gue menganalogi kan selingkuh itu seru dan menegangkan layaknya naik halilintar+tornado di dufan, yag secara otomatis meningkatkan adrenalin, therefore akan meningkatkan performa kerja (?)

trus gimana gue ngejelasin selingkuh biasanya kejadian di gym, fitness center di mana suami suami itu dengan centilnya menggoda wanita wanita di gym. mas ari ampe ngakak trus mengiyakan pula!!! hahahahhaha

setelah selese, mas ari blg ini dari latian ini adalah.. debat mengajakmu untuk berpikir sesuatu out of the box, with different paradigm. gue yang masih baru banget di debat langsung kagum. gile lah org ini bijak banget!! (aslinya... hahahahha)

abis itu kita latian bikin mapping as 3rd speaker...
latian hari itu cukup sampe mapping abis itu mas ari suka sok misterius gt ga mau ngasi tau hasilnya.

paling males kan kalo digantung gt, udah gt aku sering marah marahnya ke kak erik. "KAK KAPAN KAK DIKASI TAU!? GA MAU DIGANTUNG."

aduh maaf ya kak pasti muyak ngeladenin adek kelas banyak maunya kek gini hahahhaha

trus besok besoknya, gue ama elza jadi males latian lg. kita kabur sedemikain rupa supata ga latian. tapi tetep aja ketahuan ahhahahha. aduh jadi ngerasa bersalah, aku ketangkep mo manjet pagar sekolah gara gara dikejar kak erik hahaha

selanjutnya latian jadi makin seru (entah mengapa). latian selanjutnya dilaksanakan di rumahku. kita latian komplit, aku elza kak erik sarah mas ari. kami latian dan latiaaaaan. gue latian sudah mule nyerempet nyerempet 3rd.
dan suatu hari sobatnya mas ari, mas reggy datang ke balikpapan
siapa itu mas reggy????
mas reggy itu debater juga sama kek mas ari. bedanya mas reggy tua, tapi tampang muda. klo mas ari muda tapi tampang tua. hahahahha
mas reggy ini foundersnya anomali (kek ACT gt, ngurusin ISDC blablablabla deh)

mas reggy jagonya di bidang manner
dia pernah cerita klo dia perna menang suatu debat, dengan matter BUSUK, tapi gara gara bawainnya WOW, jadinya menang! wew
jadi gue sarah erik dilatih spesial mengenai manner (elza wkt itu lg ga datang)

gue penasaran abis, mas reggy kek mana yang ngelatihnya. ternyata kita dibawa ke luar rumah gue, dan kebetulan rumah gue itu berlembah gt. kami disuruh naik ke puncaknya, mas ari ama mas reggy di lembahnya, kami disuruh delivered speech!!! ga boleh tereak, tapi harus kedengeran. dengan intonasi, penekanan, dan segala mannernya itu

kami ampe stres stres di puncak sana membawakan speech dengan anggunnya. blablablalbalaaaa... dan akhirnya kami berhasil lolos latian ini ahahhaha tapi berkesan banget deh kita latian manner di suatu lembah gt *tsaah

masuk ke rumah, kami bahas prepared motion ALSA. nahhhh mas reggy ini jagonya yang environment. buset deh klo dia udah ngebacot ttg environment cuma bisa ternganga, kek tau semuanya dah. akhirnya kamu belajar kyoto protokol, quota carbon dan tetek bangeknya itu..

trus mas ari ama mas reggy ini suka asik sendiri klo bahas motion loh

mas ari : regz, BLABLABLABLABLABLA
mas reggy : YES! SYALALALLALA
mas ari : RIGHT! EXACTLY EXACTLY!! BLABLABLABLAA
mas reggy : EXACTLY!! SYAALALALALLAA

trus aja mereka begitu trus bahas motion cuma bedua, gue sarah kak erik cuma bisa bengon dengerin bahasa alien mereka hahahhaha

abis itu mas reggy pulang, soalnya mau ngejar pesawat pulang (yang akhirnya dia ketinggalan pesawat juga HAHAHAHA)

esoknya kita komplit ber empat. kita latian latian debat gt.
trus ama mas ari kita disuruh nonton the simpsons yang the movie. trus beri alasan kenapa HOMER SIMPSON itu baik. okay dah.

selama berhari hari kita latian, akhirnya gue was was abis ni. anjir gue jadi suka debat. tapi takut juga klo ampe jadi parasit di tim hahaha. suatu hari mas ari blg bakal ngasi tau sapa yang bakal jd 3rd speaker. tapi ujung2nya doi malah sok rahasia gt sok misterius ga mau ngasi tau aaaah rese. malemnya gue di telpon ama kak erik (catat : jam 12 malem!)

kak erik : saf gue mau ngasi tau lo

safira : apa kak? woy nelpon malem malem ah eek

kak erik : sudah ini gue bawa berita penting

safira : keputusan 3rd speaker?

kak erik : iyaaaaa!

safira : ancrit, sudah ada!?!?!??!?!?!? .............. hmm.. siapa?

kak erik : aduh maaf banget ya saf.. gue ga tau ngasi tau lo caranya kek mana ni..

safira : ............ oooh.. (gue rada kecewa ni hahahaha)

kak erik : maaf banget ya...

safira : ahahahah ga apa kak, kan masih bisa ikut lomba speech nya ya gaaa. klo gitu aku siapin speechnya malem ini deh.

kak erik : beneran ini ga pa pa? (anjir sumpah denger suaranya lebih lama pengen nabok, jd sedih nih hahahha)

safira : iyaaa kak ga apa, aku kan juga maunya speech dari awal (BOHONG)

kak erik : maaf banget ya, sumpah ni ga pa pa?

safira : iya kaaaaaaaaaaaak aku ikut speech aja udaaaah!!!!

kak erik : sedih ga sih? kecewa?

safira : yah biasa aja sih. nyane aja kali kak (BOHONG. walopun gue ngaku2 suka speech, tapi rasanya sedih loh hahahaha)

kak erik : sedih ga!

safira : ............. iya sih

kak erik : SELAMAT YA! lo jadi 3rd speaker!

safira : hah? apa sih? katanya? aduh apaan sih?

kak erik : gue boong tau tadi, pengen nge tes doang klo lo ga jadi 3rd gimana

safira : SAMPAH (anjir jadi malu abis taik)

kak erik : seneng ga tapi!?!??!

safira : SENENG wehehehhehehehe

dan alhamdulilah dengan ini dimulailah pengalaman debat gue yang ga bakal terlupakan sepanjang idup bersama sarah n kak erik :)

keesokan harinya, yang latian cuma gue elza kak erik, sarah lagi ga bisa. trus elza yang notabene ga masuk latian waktu mas reggy datang kita tindas abis abisan ahahahhaha kita suruh dia nge speech di lembah belakang rumah gue itu.

latian di rumah gue jadi seru gt deh sumpaaaah gue keinget latian dulu pengen balik lagiiiii

dan satu hari kita kembali komplit berempat
kita disuruh nonton film "thank you for smoking"
trus kita disuruh NYIMAK banget film itu. anjoy pasti ntar kita bakal latian apa ini ya. gue sarah ama kak erik sempet kompakkan diem diem liat sinopsis cerita di internet wahahaha

kak erik : saf! cepet lo ke atas nyari sinopsis nya di internet!

safira : oke oke tunggu ya

trus guenya ga balik balik gara gara kelamaan baca sinopsisnya dan gue ga ngerti ngerti hahahahhaha

selama kita nonton tuh, klo ada adegan mesum, kak erik langsung standby depan layar ahahahahha. mana waktu kita lg konsen nonton, mas ari juga telpon telponan mesra lagi ama entah sapa.

mas ari : kamu lagi ngapain? hhihihihi (ketawa centil sumpah aneh bin najis hahahha)

sarah : nelpon cewenya tuh

kak erik : mas ari punya cewe ya?

safira : MAS NELPON SAPA? *lebih frontal

anehnya abis itu, kita ga ngebahas film itu. mas ari malah latih kita debat. okelah baik gue udah takut bakal ditanya tanya ttg film itu.
trus sarah ama elza disuruh pulang. akhirnya sisa gue ama kak erik. krik krik. walo cuma bedua kita tetep dikasih latian.

dan ternyata tau ga, kita kembali ke film yang tadi!
mas ari langsung buka sesi latiannya.

mas ari : terangin, kenapa anak yang di film ini adalah the real evil yang sebenernya penyebab semua kekacauan!

ancrit, setau gue di film itu ada anak, anak tokoh utama, trus dia tuh yah polos polos baik gt, gimana bis jadi evil cobaaaaaaaaaaaaaaaaaa?!?!?!?!?!?

akhirnya gue ama kak erik meres otak selama 1 jam lebih, kita tebak tebak ga ada yang bener grrrrr

dan akhirnya tepat pukul 7 malem, kita berhasil menebak kenapa anak itu jahat!!! *gue lupa alasannya nih tapi hahahaha setelah gue ama kak erik menggabungkan argumen argumen kita, akhirnya kami berhasil!! yeaaay

besoknya gue ama kak erik sombong sombong ke sarah ama elza, woooy kita tau loh kenapa sebenernya yang jahat di film itu anaknya (ga penting sih hahahahaha)

selain latian dirumah gue, kita juga latian di sekolah. dan gue bolos sekolah selama 2 bulan!!!! masuk sekolah, nampang di kelas bentar, pergi ke lab bing, latian debat.

trus gue tu paling males dilatih ama kak erik, cerewwwwwwwwwwwweeeet banget orgnya hahahahha. jadi gue minta elza yang nemenin gue latian ahahhaha. trus kak chris itu si debate freak, selalu dtg ke sesi latian kita. dia senior paling baik n perhatian deh, mau ngajarin gue seluk beluk debat, apalagi dia 3rd juga. anehnya ya, klo kak chris datang gue olok oloki dia ampe parah gt

safira : woooy kak chris! kelas 3 ngapaen lagi ke sini! sana belajar aja buat uan, debate freak banget sih, heran gue! wahahahaha

trus waktu kak chris nya mau pergi ninggalin gue

safira : ih tega amet sih ninggalin gue, gue belum bisa jadi 3rd! ah tegaaaaaaaaaaa, latihin gueeeee

kak chris : gue harus gimana dong!!!??? gue dateng ke sini lo olok olokin gue "debatefreak", begitu gue nya pergi, gue dibilangin tega!

safira : wehehehehehe ampun bos

akhirnya gue latian dan latiaaaaan.. trus kak erik getol nelponin gue tiap malem (12 MALAM), ngingetin tugas tugas gue bikin mapping ama cari matters di internet hiks sumpah lah gue ditindas abis abisan ama kak erik ini hahahahhaha.

akhirnya satu hari, kita simulasi debat, dan seperti biasa gue masih payah. gue jadi ga enak banget hahahha. trus kak erik mule deh ceramahin gue. tapi saat itu gue sadar, gue perlu berubah deh ga boleh ngeluh ngeluh mulu kalo latian *gue selalu protes klo latian hahahahha

setelah harsh training selama kira kira 2 bulan, tibalah saat kita mau pergi ke ALSA UI. semalem sebelum pergi, aku elza sarah kak erik disuruh kumpul ama mas ari di pizza hut. the last training katanya.

abis makan makan dan ngobrol ngobrol, mas ari langsung buka sesi latiannya.

mas ari : yah aku minta sarah, safira, erik, bisa berdiri di kertas ini, dengan kaki kaki kalian semua di atas kertas ini (sumpahlah kertasnya seiprit kecil gt, se A4 mungkin)

safira : lah mas mana mungkin mas!! badan kita gede gede semua! mana muaaaat

mas ari : ah diem aja, murid murid ku yang dulu jauh lebih gede dari kalian aja bisa, masa kalian ga bisa. AYO MULAI! harus berdiri di atas kertas ini selama 1 menit!!!

sarah, gue, kak erik menatap mirip kertas itu tergeletak di lantai. gue mule jinjit di atas kertas itu, sarah masuk, kak erik masuk. aku ama sarah pegangan, kita pelukan supaya ga jatuh, tapi kita ga mau meluk kak erik hahahahahhaha. trus kita itu ga bisa bisaaaa berdiri di atas kertas itu bertigaaa!!! soalnya kita ga mau nyentuh satu sama lain sih. tepatnya nyentuh kak erik hahahahha gue ama sarah mah fine fine aja

trus karena sudah gagal terus terusan, kita mutusin untuk.."YODAH YUK PELUKAN AJA, GA URUS."

alhasil gue, kak erik, sarah pelukan mesra bertiga di atas kertas biadab itu. gue meluk kak erik, trus sarah diapit gue ama kak erik. jadi papa mama anak gt, si sarah nyempil di tengah. dan ternyata emang dengan posisi ini lebih mudah buat berdiri di kertas ini! tapi kak erik rese ah, meluk gue pake nyubit nyubit tangan gue segala biar doi ga jatuh. sialan hahahaha

trus mas mas ama mba mba pizza hut keheranan gt ngeliat kita peluk pelukan maksa gt diatas kertas hahahahha

dan... akhirnya kami berhasilll!!!! 1 menit kita pelukan diatas kertas sialan itu!!!

trus mas ari blg, sebenernya inti latian itu adalah.. kita harus percaya ama teammates kita... mau sekompak ama sesolid apapun tim, bisa aja perginya sahabatan, pulang lomba udah musuhan. banyak banget yg kek gt. jadi mas ari minta kita itu percaya satu sama lain..

sumpah lah mas ari di sini bijak banget hahahhaha

besoknya kami berangkat ke jakarta, untuk lomba ALSA UI.
waktu gue pergi, gue ga ada beban sama sekali. sumpah, itu karena gue yakin banget setim ama sarah n kak erik, pasti kita bisa wihihihihihi

dan inilah pertama kalinya gue ikut lomba debat yang beneran (yang ELC saya rasa ga deh hahahaha)

oke deh, perjuangan dimulai di sini!


(to be continued)

1 comments:

Unknown said...

Penuh perjuangan. :')

hhahahahaa!!!!