sedikit cerita yang menggugah peradaban manusia
RSS

Wednesday, June 24, 2009

ALSA 2009 day 4

wah alsa day 4 nya ke pending lama, gw sibuk sih banyak show di mana mana.. jd harap maklum.

oke alsa day 4 ini merupakan HARI TERAKHIR pre eliminary rounds.. artinya kita bakal tau sapa2 aja 16 tim terbaik se-indonesia (ga seindonesia amet sih lebay ah, paling ga sekola2 di jakarta yg setan abis klo debat).

jeng jeng kami kontingen sman 1 balikpapan mendarat di FH UI..
menanti standings diumumkan..

hati gw berdetak kencang
seperti genderang mau pecah
zzzzzzzzzzz

gw deg deg an nunggu dan menerka nerka siapa lawan gw ntar.. cisauk? malang? bandung? jakarta? wamena? biak? pulau komodo? pulau rote? entahlah...

slide pun bersinar

parampampaaaaaa....

SMAN 5 BANDUNG B (+) vs SMAN 1 BALIKPAPAN A(-)









...........................................................................
innalillahi...
lawan 5 bandung gile buset mati

setau gw hana anak ISDC Jabar bersemayam di 5 bandung..
dan gw tau nya dia tim 5 bandung A..
gw ga berharap banget ketemu hana, takut gw ketemu makhluk2 ISDC fuh

gw berharapppppppppppp banget yang keluar adalah motion economy ato ga environment.. karna yaaah itu gw paling ga siap dapet science and technology... gw udah komat kamit baca ayat kursi...

dan yang keluar adalah...











SCIENCE & TECHNOLOGY
1. This House Would Promote the Use of Robots as Employee
2. This House Believes That the Costs of Space Exploration Outweighs the Benefits
3. This House Believes That Facebook Should Not Claim Copyright Over User-uploaded Contents













HOLY CRAP!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!







motion yang selama ini gw takutin : science and technology. Dengan posisi tidak strategis, opposition team alias negatif.

oka prioritize motion..







tp apa yah??????




gw elja rut bingung abis
yang jelas kita milih motion facebook sbg pilihan pertama
pilihan kedua? bingung..

gw takut banget.. selama tanding paling sering diperdebatkan adalah motion prioritas kedua kita.. huff MASA KITA DAPAT PILIHAN KEDUA PADAHAL KITA JUGA BINGUNG PILIHAN KEDUA KITA APAAA

akhir kita milih motion dengan urutan:
3. This House Believes That Facebook Should Not Claim Copyright Over User-uploaded Contents
2. This House Believes That the Costs of Space Exploration Outweighs the Benefits
1. This House Would Promote the Use of Robots as Employee

mba maria langsung cabut bwat diskusi ama LO nya 5 bandung..
gw elja rut ngebentuk lingkaran, berdoa bareng.. SEMOGA DAPET MOTION FACEBOOK!!

facebook facebook facebook facebook facebook...















mba maria datang teriak kegirangan

mba maria : heyyyy!! gw menang suit loh!!!! kalian dapat motion facebook!!!!!










gw : ALHAMDULILLAH..

gile.. jantungan gw...

akhirnya gw elja rut mba maria menuju ruang debat

di jalan gw ketemu ama hana, ISDC Jabar.

hana : eh gw lawan lo ntar lohhhh

gw : hah? gw kan lawan 5 bandung B?

hana : iyah, gw tim B

gw : LO BUKAN TIM A ?

hana : gw B!

gw : ..................................











buset.
yaelah...
ketemu deh ama makhluk ISDC...








woke.. casebuilding lancar.. kebtulan gw agak 'dong' ama motion ini di posisi negatif.

DIMULAI!!

This House Believes That Facebook Should Not Claim Copyright Over User-uploaded Contents

positive team : SMAN 5 BANDUNG B
1st speaker : Aulia Anggita
2nd speaker : hana hanifah
3rd speaker : Siti Nurasyiah
Reply : Aulia Anggita

negative team : SMAN 1 BALIKPAPAN A
1st speaker : Elza Samantha
2nd speaker : Ruth Gracia
3rd speaker : Safira Lazuardi
Reply : Elza Samantha

isu yang hot mengenai facebook adalah mengenai terms of agreement (TOS) yang ditawarkan facebook terhadap kita saat kita baru mau register as a member. karna terms of agreement yg sering muncul saat kita registrasi PANJANG BANGET.. boring abis.. serasa ga penting maka para users langsung klik OK aja ato klik "yes, i have read the terms of agreement and i agree."

dan ternyata di salah satu part dari dongeng terms of agreement ini terdapat persetujuan spt berikut.. :

"When you post User Content to the Site, you authorize and direct us to make such copies thereof as we deem necessary in order to facilitate the posting and storage of the User Content on the Site. By posting User Content to any part of the Site, you automatically grant, and you represent and warrant that you have the right to grant, to the Company an irrevocable, perpetual, non-exclusive, transferable, fully paid, worldwide license (with the right to sublicense) to use, copy, publicly perform, publicly display, reformat, translate, excerpt (in whole or in part) and distribute such User Content for any purpose, commercial, advertising, or otherwise, on or in connection with the Site or the promotion thereof, to prepare derivative works of, or incorporate into other works, such User Content, and to grant and authorize sublicenses of the foregoing. You may remove your User Content from the Site at any time. If you choose to remove your User Content, the license granted above will automatically expire, however you acknowledge that the Company may retain archived copies of your User Content. Facebook does not assert any ownership over your User Content; rather, as between us and you, subject to the rights granted to us in these Terms, you retain full ownership of all of your User Content and any intellectual property rights or other proprietary rights associated with your User Content."



Terjemahan kasarnya sebagai berikut:

Saat kamu upload gambar-gambar ke Facebook, maka kamu secara otomatis memberikan hak yang SANGAT PENUH, TANPA BISA DIBANTAH, TIDAK BISA DITARIK ULUR, KAMU TIDAK MUNGKIN MENANG, TERSERAH FACEBOOK MAU BERBUAT APA SAJA, BAIK SEBAGIAN MAUPUN SECARA KESELURUHAN, DIMANAPUN DI SELURUH DUNIA, UNTUK APA SAJA, DEMI KEPENTINGAN APA SAJA, MAU DIJADIKAN APA SAJA, SUKA-SUKA SI FACEBOOK, TANPA BERHUTANG TERHADAP KAMU, BAIK KOMERSIAL, ADVERTISING KEPENTINGAN FACEBOOKKamu tetap memperbolehkan Facebook memakai copy tersebut. Tapi harap diperhatikan juga kalau hak kepemilikan foto-foto kamu masih jadi milik kamu.
terhadap gambar-gambar tersebut. Jika kamu memutuskan untuk menghapus gambar-gambar di account Facebook tersebut namun bukan berarti Facebook tidak boleh menyimpan copy.



oke jd gw dapet terjemahan ini dari blog lain, tp gw lupa url blog itu maafkan yah saya tidak bermaksud plagiat tapi anda telah membantu saya dalam hal matter saat ini. terimakasih..

jd contents yang kita upload berupa foto, video, apapun lah itu bakal jadi hak milik facebook dan terserah si facebook mo apain tuh foto entah bwat ads ato commercial..

para facebook users ini ga rela konten mereka itu diapa apain ama facebook, karna contents mereka hak mereka dong? mereka takut foto2 mereka dipampang bwat commercial, ads dll... gt ceritanya....

oke 1st speaker 5 bandung muncul...

mereka bawa FACEBOOK HARUS MENJAGA PRIVASI PARA MEMBERS NYA...
TOS itu kebanyakan ga dibaca orang, hrsnya facebook bikin user nya ngerti dong.. lagi pula contents yg diupload itu kan hak nya users, kenapa harus facebook yang punya copyright... hak memiliki itu sesuatu yang essensial dan mendasar, ga bs direbut gt aja

she's great.. but mereka ga ada bawa, "what's so wrong if facebook claim the copyright?" is it harmful?"

elja, our 1st speaker maju n ngerebut.. facebook itu di internet. nah internet itu apa? cyberworld/situs yang bisa diakses oleh semua orang di seluruh penjuru dunia. internet itu sendiri ga bisa menjamin privasi orang2 di dalamnya, kenapa harus menyalahkan facebook doang? dari nature internet itu sendiri ga bisa menjamin privasi.. lg pula, itu salahnya si users dong klo ga baca TOS. Facebook sudah warn dari awal, lo setuju ga ama TOS gw? klo ga lo ga usah jd meember gw ujar, si facebook. Facebook udah nawarin TOS, si user yang ga baca salah sapa yoo??

2nd mereka, hana (paling ditakuti -_-) akhirnya muncul
dia nge rebut bahwa benda kita yang hak kita walopun udah masuk facebook. salah satu bahayanya adalah jika facebook menggunakan contents kita contohnya foto bwat ads ato iklan yang ujung2nya profit-oriented..
trus contents kita bisa disebarkan oleh facebook, toh karna facebook kan yang punya kekuasaan terbesar? gmn klo contents itu merusak citra n image ampe mempengaruhi karir. lg pula ngapain facebook ampe claim copyright segala?

2nd rut maju n ngebantah semua. emang klo profit oriented knapa? what's so wrong? ga membahayakan usernya juga kan? blum ada kejadian users ampe dirugikan amat sangat, tp justru angka member nya facebook trus bertambah. artinya users itu sendiri ga ada masalah kan? pokoknya ga ada bahaya yg significant lah!!!!

tp gw sempet deg2an wkt rut di-POI, "masalahnya, setelah users itu berenti dr facebook, contents yg diupload oleh users tsb tetep ga ilang dan selamanya jd milik facebook, itu kan ga bner?". dan rut menjawabnya blg,"facebook wont do that." pdhl status quo menunjukkan bahwa iya bner facebook memang tetap nyimpen contentsnya si users walupun si users uda ga jd member. tp untung ga ada yang nyadar fufufufufufu

3rd mereka maju.
doi negasin betapa pentingnya hak milik. apalagi wkt users itu memutuskan berenti jd member, harusnya facebook ga pake nyimpen dong contents itu selamanya. facebook sendiri harus ngejamin privasi dong. klo kta ketik di google nama kita, akan muncul facebook kita dan foto2 kita dan profile kita. itu menunjukkan facebook gunain contents kita untuk hal2 tsb. trus mereka selalu mengangkat gmn klo foto2 aib users kesebar?

gw maju syalalalalalalala
gw jelasin klo si user udah memutuskan untuk meng upload contentsnya.. artinya dia berkomitmen untuk menunjukkan contents nya di internet dan internet itu sendiri bisa dikoneksi seluruh orang seluruh penjuru dunia. kalo dia masang foto memalukan di facebook trus kesebar, yg bodoh sapa coba? users or facebook?

ttg google itu, gw blg coba deh sodara sodara lo semua ketik di google.com nama "safira lazuardi vijaya". mundul account facebook saya, tp tetep aja org yang bukan member dan bukan friends gw ga akan bisa liat full profile gw. itu tandanya facebook sendiri berusaha melindungi privasi kita tapi soal foto2 yang menyebar itu salahnya user dong ngapain upload embrassing things in facebook while u dont want everybody knows it? facebook ga bisa jamin 100% privasi loh, toh ini dunia maya privasi 100% itu sendiri ga bisa di dapet...

DAN KALOPUN facebook tetep nyimpen contents users yang udah bukan member lagi, ngapaen juga facebook gunain contents itu untuk macem2? ampe skrg juga ga ada tanda2 facebook merugikan member mereka kok..

lagipula tanpa di claim oleh facebook, gw pun bs klik kanan di mouse, "save picture as" bwat nge save gambar itu di kompie gw. JADI SEBENERNYA PRIVASI di internet itu sendiri ga bisa dijamin!!!!!!!!!!!!!!

myspace, friendster and other social networking yang populer juga fine2 aja tuh walopun mereka claim copyright..

dan gw lupa ama omongan gw selanjutnya.. udah lama bok hahahhahahaha

oke akhirnya debatpun kelar...

p.s : gw lupa reply nya kek mana HAHAHAHAHAHAHHA

YANG PENTING KELAR KELAR KELAR!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

tp gw bersyukur banget motion yg keluar pas bgt yg kita pingin...










verbal adjudication!!!!!!! param pam pa!!!!!!!!!!!!!!!!












oke... gw DEG DEG an..

lawan kita bukanlah lawan yang mudah.. BAHKAN SUSAH GILAK





adju : so... i'll give the winning to....













OPPOSITION TEAM...











hah? what team???














OPPOSITION??












HOLY COW!!!













THAT'S US!!!!!!!!!!













SMAN 1 BALIKPAPAN A!!!!!!!!!!!!!!!!!!













gw bersyukur tiada henti dalam hatiiiiiii....... wuiiiiiiiiiihhhhhhhhhhhhh

adju blg tim gw berhasil ngebuktiin klo sebenarnya theres no tangible harm of claiming the copyright by facebook. facebook itself protects our account by not allowing people to see our full profile through google. n tim mereka gagal nge convince bahwa hak milik itu lah yg plg mendasar.. mereka langsung nembak ke practical level without strong philosophical base.



apapun itu, tim gw berhasil!!!!!!! yeeeeeeeeeeeeeeaaaaaaaaaaaaayyyyyyyyy!!!


skrg VP gw udah 3!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! :D




tinggal satu pertandingan terakhir untuk menentukan siapa yang ke babak 16 besar

GW BERAPI API!!!!!!!!

padahal br kemaren gw down abis mpe mo minum baygon.. :(


gw elja rut menuju debaters hall menunggu standing...

trus gw ketemu ama diadra, junior gw di tim B

gw : eh menang ga???

diadra : menang!!!!!! kita menang!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

GW SENENG BANGET TIM JUNIOR GW MENANG!!! mereka jg sempet down kalah kemaren... skrg mereka semangat abis!!

gw : lawan sapa td?

diadra : sman 8 jakarta B!

gw : gile lu itu sekolah tokcer abis loh! ceritain dunkkk!!

diadra : jd gini, anak2 sma 8 jakarta itu CANTIK CANTIK.. ada yang blasteran gt!!! gw tuh emosi kalo liat orang yang cantik! mana boleh orang cantik ikut debat!!! jd gw td semangat abis pengen ngalahin mereka. gw geram sih liatin orang cantik.

anita : ya nih! diadra kemaren lesu debatnya, skrg ktemu orang cantik, langsung garang debatnya!

gw : .......................................???????????????????

kesimpulan : buset nii anak.. kekuatan sebenarnya baru keluar begitu lwn orang cantik.. berarti setiap debat dia harus lawan orang cantik kek gw biar taringnya bisa keluar fufufufufu

back to the debaters hall...

gw udah ga terlalu deg degan sih.. gw pasrah aja round terakhir deh!

slide kembali berkedap kedip......











SMA 1 CISAUK (+) vs SMAN 1 BALIKPAPAN A (-)











widih... KETEMU CISAUK LAGIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
another tough debate -_-

tp tiba2 suasana jd riuh...

dan slide kembali ditutup...

ternyata telah ditemukan bahwa CANISIUS A udah 3 kali dapet negatif, dan skrg hrs positif..

slide kembali di buka dan.....









CANISIUS A (+) vs SMAN 1 BALIKPAPAN A (-)

SMA 1 Cisauk (+) vs CANISIUS B
(-)



GILAK lawan gw dituker.

loh? APA APAAIN INI!!!! KAMPRET... mana bole nuker2 lawan!!! lebih susah lagi!!!!!!!!!!! huhuhuhu

gw ketemu ama febrian canisius B

febrian : eh! lo lwn tim senior gw loh!

gw : iya! gw lwn canisius A!

febrian : lo lwn itu dia nih (sambil nunjukkin temen di sebelahnya)

gw terdiam. OKE muka temen nya si febrian ini udah ga asing lagi. William Suryadiputra. dipanggil WS. Pemenang ALSA 2008. yang ngalahin gw, erik, sarah di semifinal ALSA taun lalu.

DAN ANEHNYA gw ga ngerasa deg degan lagi. gw ga takut kek biasanya. gw terngiang ngiang dengan naasnya gw dikalahin di semifinal ALSA taun lalu. gw dendam. geram. gatel gatel.

gw komitmen ke elja n rut, jangan takut walopun mereka canisius, walopun mereka udah sering juara, kita harus hadapin mo bagaimana pun juga!!!

akhirnya slide pun berganti lagi..









LAW & HUMAN RIGHTS
1. THW (gw lupa apa pokoknya intinya orang daerah diadili sama pengadilan daerah mereka)
2. THW opt life sentenced prisoner death penalty
3. THW prefer rehabilitation than prison











mampus ayyyyyyy KAGAK NGERTI SATUPUN MOTIONNYA.......







gw elja rut amp berantem..
gw milih prioritas motion 2 1 3
elja milih 3 2 1
rut milih 1 2 3

GILAK LO BUSET BEDA BEDA SEMUA!!!!!

akhirnya kita voting. gw n rut setuju prioritas pertama adalah motion nomor 2
elja sempet protes," gw kan 1st speaker!!! klo gw ga ngerti kasus gmn mo bikin kita stand!!!"

ampe berantem lamaaaaaaaaa... akhirnya gw n rut jelasin kasusnya.. elja lumayan agak ngerti tp masih ga rela milih motion kedua. ampe akhir nya kita masih berantem. mba maria ampe negur kita, "GIMANA INI???"

akhirnya gw n rut gentak aja," 2 1 3 mba!!!' berhubung gw n rut ngerti banget motion kedua, yodah itu aja.




elja shock








mba maria diskusi am LO nya canisius..

dan..

mba maria : motion nya THW OPT DEATH PENALTY TO LIFE SENTENCED PRISONER!!

elja kejang

elja epilepsi

tp gmn lg... waktu udah mendesak. akhirnya selama perjalanan ke ruang debat gw n rut ceritain kasusnya..

jadi gini isunya.. kita akan memberikan pilihan kepada terpidana seumur hidup untuk memilih hukuman mati dr pd hukuman seumur hidup di penjara. hal ini dibenarkan ato tidak..

elja masih panik setengah mati karna ga 'dapet' feel motion nya.. gw ceritain pelan2 lagi.. ada kan orang yang dipenjara seumur hidup tapi malah minta dihukum mati aja? entah itu alasannya ga tahan lagi di penjara ato hak nya dia ato apalah... dan apakah itu dibenarkan?

elja udah mulai tenang. ayo ayo set kasus!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

gw ingetin elja n rut sekali lagi, jangan mandang lawan kita dari canisius kek pemenang alsa taun lalu kek sapapun itu TERSERAH, feel nothing ajalah!!!






oke debat dimulai!!!


THW OPT DEATH PENALTY TO LIFE SENTENCED PRISONER

positive team : CANISIUS A
1st speaker : Adriel Arizon
2nd speaker : Dhani Pannacasey
3rd speaker : William Suryadiputra
Reply : Adriel Arizon

negative team : SMAN 1 BALIKPAPAN A
1st speaker : Elza Samantha
2nd speaker : Ruth Gracia
3rd speaker : Safira Lazuardi
Reply : Elza Samantha

1st mereka maju bawa hak untuk menentukan hidup adalah sesuatu yang fundamental dan harus dihargai. hak menentukan hidup ini juga merupakan hak untuk memilih dan itu has to be respected. dan mereka bebas menentukannya dong. dan keadaan penjara yang menyiksa adalah salah satu faktor mengapa para terpidana memilih mati aja. dan dengan memberikan option ini akan membuat society feel secure. NAH LOH. gw bingung deh dengan memberikan org kesempatan untuk mati maka akan menyelamatkan society?? how could it be?

1st kita elja maju. gile gw ngeliat muka dia takut banget. panik. shock. tegang. siluman. udah stop.

elja ngebantah bahwa yes humans have the basic right to choose while government has the obligation to protect every single citizen. dan apakah memberikan pilihan untuk mati merupakan bentuk perlidungan govt to protect its citizen?? kalo dia divonis penjara, yodah penjara aja. klo divonis mati, ya mati aja. klo penjara emang yg terbaik ya itu aja napa harus minta mati? namanya kabur dr permasalahan dong, berbuat jahat, dihukum penjara, ga terima, trus mati begitu saja??

2nd mereka maju n blg kita GA MAKSA org bwat mati kok, tp we give option. dan hak untuk memilih bagaimanapun juga mo itu baik ato bner, wong dia yg mati dia yg bertanggung jawab. trus dia bawa betterment in society. tp gw sama sekali ga ngerti. how could we get betterment in society by giving chances for the prisoners to die? sebenernya mau mereka apa? ngehormatin hak untuk memilih ato ngebunuh prisoners demi label 'keamanan' society??

2nd rut maju n ngerebut create betterment itu GILA. gile aja lu ngasih option org bwat mati demi keamanan society, pake alasan orang dipenjara bs kabur , tp klo mati ga bs ngapa2in lg?? justru dengan giving option to die akan sangat berbahaya bwat sisi psikologi prisoners itu.. bayangin den klo tiap terpidana hukuman seumur hidup saking putus asa nya mereka malah milih lebih baik untuk mati, ini akan merusak mental mereka menjadi cepet putus asa dan ga punya rasa tanggung jawab. dan penjara itu ga kek kardus lah di mana semua org dikurung di kerdus. penjara itu sendiri punya makna untuk rehab org2 agar have second chances.

3rd mereka, WS, maju. ini dia gw tunggu2..
oke dia assume bahwa kehidupan dipenjara yang seburuk itulah yg menyebabkan mereka menjadi tidak bahagia dan memilih untuk mati. trus second chances apa bisa dijamin?
dan dengan giving option means our country is respecting n promoting the basic right of each human and will be recognize in the world as a good country.
dia juga blg karna biasanya terpidana sudah kena stigma di masyarakat, ketika keluar dr penjara maka dia jg ga akan hidup tenang karna sudah di-condemn by society. trus mereka nekanin berkali kali di RIGHTS itu

oke deh gw maju....
pertama gw bawa analogi
gw sebagai manusia punya hak untuk memilih
lalu gw putuskan untuk mengonsumsi narkoba
gw mikir.. gw yang pake narkoba, gw yg sakit ntar, gw yg mati ntar, gw juga yang tanggung jawab lagipula ini pilihan gw. gw minta org2 respek keputusan gw.
dan apakah logis gw menggunakan hak asasi manusia untuk memilih sebagai alasan untuk mengonsumsi narkoba?
dan apakah logis gw menggunakan hak asasi manusia untuk memilih sebagai alasan untuk mati?
dan apakah mama gw bakal ngebiarin gw begitu aja gw make narkoba?
mama gw pasti mati2an agar gw ga make narkoba, karna my mom loves me, my mom wants to protect me.. *so swit

and in this case my mom is the government. gw sebagai terpidana seumur hidup.

gw blg lo mo promote the basic rights, or promote someone to die?
bcos if u open the access to die for life sentenced prisoner, maka besar kemungkin untuk mereka memilih mati sbg jalan pintas. by giving choises ur giving access to die. and it kills the psychology of the prisoners.

soal penjara yg menyiksa, dan tim mereka yg assume bahwa dr pd di neglect society mending mati, how can we judge someone's life is bad simply just bcos dihukum life sentenced? apakah org yg dipenjara serta merta langsung dianggap org yang paling tidak beruntung, miserable, menyedihkan, suram? apakah org yang borokan ga pernah bahagia? ga nyambung.. apakah dengan option to die akan mengurangi stigma yg ada? it doesnt even solve the probs!!!

dan lain lain gw lupa terlalu berapi api wkt maju




reply reply replyyyyy dan gw lupa isinya apaaaa kebiasaan abis gw speech gw tidur......







THE END







blum kok..





akhirnya debat selesei dan GA ADA VERBAL ADJUDICATION (silent round)
soalnya ini round terakhir pre eliminary round, bakal langsung diumumkan sapa2 yg berhasil lolos 16 besar.







SIAL GA DIUMUMIN....







Baru kali ini gw abis debat ga punya feeling apa2
biasanya abis gw debat, gw bisa nebak2 gw bakal kalah ato menang
DAN KALI INI gw blank abis gw bisa nebak bakal menang ato kalah
BLANK!!!!!!!!!!!!!!! :(

oke pengumuman sudah bukan di debaters hall lagi, tapi di auditorium djokosoentono kalo ga salah, kek ruang sidang gt. lebih glamour dr pd debaters hall.

gw ketemu ama junior gw. tampang mereka bahagia dunia akhirat. ternyata mereka dapet bocoran klo round terakhir ini mereka menang!! wuiiiiissss salut deh bwat mereka :)

tim gw nih.. tidak bermasa depan ga jelas nasibnya gmn... gw udah 3 menang sih.. bisa dikatakan aman tp juga bisa dikatakan danger. paling aman adalah menang 4 kali... apakah kami menang di round terakhir? apakah kami tembus 16 besar? entah

akhirnya gw brg temen2 duduk di ruang sidang nunggu pengumuman. sebelumnya gw ngambil sertifikat alsa speech taun lalu, GILE gue ikut lomba taun lalu br dpt sertifikat skrg zzzzzz


di ruang sidang..........................................



tibatiba suasana yg riuh jd hening begitu lampu dipadamkan..

CA ALSA, uphie (klo ga salah) was about to announce the breaking teams, sapa2 16 besar di ALSA









DEG DEG DEG DEG

rrr...rrr....rrrr....rrrr


cuuur cuuur cuuur


pret pret pret












gw berdoa sekali lagi brg elja n rut..
apapun hasilnya..
terima aja..
we've done our best..


dalam hati ga rela juga klo kalah :(


gw duduk di tangga brg elja rut. berdoa bersama. berpelukaaaaaaan. tinky winky dipsy.. lala.. cukup.









1st breaking team:

SMAN 4 DENPASAR A
VP 5


sekolahnya garlan, anak ISDC Bali.. gile VP 5, artinya selama pre eliminary rounds doi ga pernah kalah................................

2nd

SMAN 8 JOGJA A
VP 4


sekolahnya hanif, anak ISDC jogja, pemenang ISDC tahun ini.... ham hem ham hem... gw ciut

3rd

SMAN 5 BANDUNG A
VP4


plok plok plok horeee horeee terdengar gegap gempita anak2 entah siapa mereka

4th

SMAN 8 JAKARTA A
VP 4


sekolahnya irfan, ISDC DKI, tp sayang tim mereka di dis.. soalnya wkt round kedua, salah satu speaker mereka ga hadir.. jadilah irfan ngerangkap berapa speaker wkt itu.. jd mereka di dis sayang banget...



















5th

SMAN 1 BALIKPAPAN A
VP 4























..........................................????????????????????????????
??????????????????????????!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


apa??????????????????

GILA TIM GW BREAK 16 BESAR!!!!!!!!!!!!!!!!

gw langsung lompat, meluk2 teammates gw, sambil buang nafasssssss yang ketahan ampe brapa menit td rasanya ampe mo beol.............................

GILAK................. posisi gw kelima................................. artinya tim gw menang round terakhir itu!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

gw lega abisssssssssssssssssssssssssssss............ ga nyangka aja... posisi 5 itu, posisi2 atas pula.. ga nyangka aja bisa ngalahin sekolah2 di jawa yg tokcer.. bahkan diantara 16 besar cuma SMAN 1 BALIKPAPAN A yang bukan sekolah daerah jawa, 15 lainnya sekolah2 jakarta, depok, bandung, syalalalala...... LONG LIVE KALTIM!!!!!!!!!! *bukan bermaksud bersombong ria mengalahkan mereka, tp ini berkat elja rut n mas ari ;)


akhirnya 16 tim sudah ditentukan untuk lanjut ke babak octofinal...
gw bakal lawan SMAN 1 Depok... alumni sekolah kak mita, alumni WSDC (world school debating championship) 3x ikut, buset.....

apapun yg terjadi besok gw uda ga mikir, gw gentak aja. klo gw menyerah n down skrg, sia2 dong perjuangan kemaren2...

perjuangan masih panjang.. gw pengen do the best for the last. karna ini adalah kompetisi debat terakhir yg gw ikut. gw banyak terbentur masalah, jd gw mutusin ALSA ini bakal jd yg terakhir.. gw harus berusaha semaksimal mungkin..





mungkin org2.. bahkan anak2 SMAN 1 Balikpapan sendiri ga ngerti bgmn rasanya menembus 16 besar... mungkin mereka hanya bs blg, "hah? cuma ampe 16 besar?" ato.. "hah? cuma ampe octofinal?"

tapi tau ga.. menembus octofinal alias 16 besar itu juga sudah penuh perjuangan, kerja keras, serta semangat yg ga ada abisnya. bayangin dong tiap pre eliminary round kita ngelawan sekolah2 di jawa yang dibina abis debatnya? bandingkan dengan kita pulau kalimantan yg bahkan debat sendiri ga diperhatikan secara khusus... latihan aja ampe underground sama mas ari...

tp gw ga mikirin itu lagi. yang tau seluk beluk perjuangan tim SMAN 1 Balikpapan A adalah aku elja rut n mas ari. bwat apa mikir persepsi org lain? bwat apa mikirin sekolah yg ngejudge tim gw GAGAL? ga peduli!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


but we've shown to jakarta that SMAN 1 BALIKPAPAN 1 is a strong team... dengan arti strong : we've struggled a lot 4 debating...


gw harap ALSA ini bakal happy ending


(to be continued)

2 comments:

nabhila said...

waaaw. good luck yaaa. :D
seneng bacanya. jadi cengar cengir sendiri. ehehehe. ayoo, menang yaaa.

safira said...

huehehe makasih kak ;)