sedikit cerita yang menggugah peradaban manusia
RSS

Saturday, April 25, 2009

Road to ALSA 2009

postingan kali ini agak serius hehehe curahan hati sih.. :P

gw tergabung dalam skuad debat SMAN 1 Balikpapan (yang seterusnya bakal gw singkat jd SMANSA)

gw jago debat n ga mau kalah? ga.. gw nurut nurut aja kok apa kata orang..
gw ngotot n galak? gak.. gw baik hati kok..
gw kritis/jenius/pinter/brilian/syalalalala? ga.. ampe sekarang gw suka bingung ngebedain mana kanan n kiri.. semoga selama ini gw cebok n makan dengan tangan berbeda..

intinya... gw sendiri ga tau apa yang membuat gw ikutan debat.. syalalalalala
tapi... gw akui.. debating is fun :)
apalagi kalo lu bisa ngalahin musuh bebuyutan lu raawrrr
apalagi kalo lu bisa menang sama lawan yang woooowwww raaawwrr hebat

gw kenalin dulu deh teammates gw beserta our illegal coach :P

Nama : Elza Samantha Elmira
Nama asli : Siluman
Job : 1st speaker, Reply

Elza ini teammate gw sehidup semati waktu ISDC (Indonesian School Debating Championship). Born to be 1st speaker. Hobi nya nyanyi nyanyi, tapi ga ada satu pun nada yang masuk. suka dengerin musik lwat headset, ampe musik nya nembus telinganya, bahkan gw masih bisa denger musik nya lwat dr 2 meter. badannya (sok) ramping.. tau deh lemak gw di lengan n paha ke mana mana..


Nama : Ruth Gracia Nainggolan
Gender : Diragukan
Job : 2nd speaker

Bukan.. dia bukan cowok.. perhatikan lagi fotonya.. bneran dia bukan cowo... jeng jeng jeng.. dialah makhluk yang ga jelas gender nya apa. Wanita jadi-jadian. Semua orang terpana dengan keambiguan statusnya... dia teammate gw juga waktu ISDC. Semua orang bakal terkejut ketika suatu saat nanti dia menampakkan diri dengan memakai ROK. idealisme amrik. cinta amrik. soalnya dia pernah tinggal di amrik sono. huh... bikin iri



gw sebagai 3rd speaker. no further explanation :)

okay... ini adalah our coach, aribawa pratama assiddiq (liat oom oom girang di pojok kanan atas). sayangnya gw ga akan bongkar aib aib BELIAU di sini. gw bisa dikutuk seumur idup. tapi yang jelas gw, elza, ruth bangga, we have great coach :)
yang jelas tim gw bisa ampe TOP 16 di ISDC and quarter finalist di ALSA, thanks to him.



kok illegal coach?
di sinilah gw benci banget ama sekolah gw. sekolah gw ga mau nge hire mas ari. alasannya ga jelas. padahal mas ari bilang, dibayar pun ga usah, yang penting bisa ngelatih kita.
sekolah gw sirik, karena gw, elza, ruth lebih mengandalkan mas ari daripada bantuan dari sekolah. gw heran abis deh ama sekolah gw. kalo tim gw bisa lebih baik tanpa sekolah n bisa lebih baik ama coach, apa salah nya sih?

jadi gw, elza n ruth selalu latian diem diem. latian underground. latian kek gini susah abis. gw harus boong ama sekolah, kalo gw ga bisa latian di sekolah karna blablablablabla... dan akhirnya kita latian ama mas ari.

sekolah gw selalu sentimen ama tim debat gw. bahkan English Club di sekolah gw dibubarkan. pokoknya tim gw sama sekali ga dihargai sekolah. yang ada gw dikejar kejar ama guru gara2 bolos pelajaran, dimarah marahin. fiuuuuuh....

tim debat gw masuk TOP 16 di ISDC (kompetisi debat bergengsi se-Indonesia) aja ga ada yang ngerasa hepi. semua nganggap kita gagal total. gila.. kita ini lomba bukan antar RT, kita tanding dengan seluruh provinsi Indonesia, ada Jogja Jabar Jateng Jatim DKI Bali NTT Riau .. itu ga gampang!!

karena gw cuma ampe octofinal di ISDC, (dan itu dianggap gagal TOTAL oleh sekolah gw), tim debat gw dipensiunkan secara paksa, secara sepihak oleh sekolah. tim gw ga boleh ikut lagi lomba lomba debat. alasan nya macem macem.

1.) ga ada dana (sbenernya ada)
2.) tim gw 'di klaim' maruk n rakus, ga mau ngasih kesempatan ke ade2 kelas.
3.) tim gw 'd klaim' kenyang pengalaman, untuk apa lomba lagi?
4.) alasan nyampah lainnya

padahal gw tau.. abis ISDC, bakal ada ALSA E-Comp... lomba debat yang sangat gw tunggu2..

begini gw jelasin.. pada tanggal 16-21 April 2009, Fakultas Hukum Universitas Indonesia (FH UI) mengadakan kompetisi bergengsi yang biasa disebut dengan ALSA E-Comp.. Di sini ada lomba debat, speech, newscasting, spelling bee dan kawan kawan nya..

gw, elza, ruth semangat abis mau ikutan ALSA. satu motivasi.. Balas dendam. gw mo balas dendam, soalnya di ISDC, tim gw cuma ampe octofinal. gw juga mau balas dendam udah kalah ama BPK penabur & Canisius di ALSA taun lalu.

di saat semangat semangat nya kita mau ikut ALSA, sekolah gw ga bolein. sekolah gw blg, gw harus kasi kesempatan ke adek2 kelas. regenerasi.

gw tau itu cuma alasan sekolah doang supaya stop kita dari debat. menghadaplah gw ke kepala sekolah. jeng jeng jeng.

intinya, gw cuma minta keadilan. gw udah latian debat 1 tahun bercucuran air mata, peluh keringat, bersimbah dara.. di saat ada lomba, gw malah didepak. dengan alasan regenerasi. setau gw, sekolah gw ga pernah SEBEGITU PEDULI nya ama regenerasi. kenapa mendadak begitu ada ALSA, alasan regenerasi muncul?

gw ampe rapat ama kepsek. perdebatan sengit dan alot. dan tim gw diberikan options. menyakitkan dan membingungkan..

1.) kalian ga ikut ALSA, ade2 kalian yang ikut, dan kalo pun mereka kalah, mereka punya alasan, mereka kurang latian. ATAU..

2.) kalian ikut ALSA, tapi kalian ditargetkan UNTUK MENANG karena kalian sudah 'berpengalaman'.

Inna lillahi.. buset.. gw ngamuk ngamuk. emang kalo gw perna ikut ISDC, udah pengalaman, gw harus menang di ALSA?????? bisa disimpulkan.. sekolah gw TAKUT KALAH.. sekolah gw MAU MENANG.. sekolah gw ga mau dikenal spt ini, "tim debat kemaren kan sudah ISDC, masa KALAH di ALSA?"

gw ampe nangis nangis telpon coach gw. sumpah gw bingung. masa gw harus janji bw pulang tropi?? masa gw janji bakal menang? ALSA itu kompetisi debat se-Indonesia! dan lebih susah dari ISDC! kebanyakan sekolah sekolah di jakarta yang ikut!! taulah sekolah sekolah di jakarta gmn.. woooek..

coach : "oke.. terima tantangannya!!"

gw : "bneran?? yakin mas?"

coach : "yakin. yang penting kalian bisa berangkat dulu. we'll show them that u guys can do it, dan tunjukkan ALSA ini jauh lebih susah dari ISDC. no matter the result is, yang penting kalian perform the best in ALSA"

oke, gw elza ruth yakin. saat itu juga gw memutuskan bakal berjuang abis abisan di ALSA ini.
no matter hasil nya gmn, yang penting gw perform the best, and show SMANSA we've struggled for ALSA!

sekolah gw masih setengah hati ngijinin gw. sekolah gw sebenernya punya dana bwat ngeberangkatin tim gw. tapiiiiiiiiiiiiiiiii... akhirnya sekolah gw ngijinin tim gw pergi, dengan disertai tim junior, dan BAYAR SENDIRI SENDIRI.

woke.. gw harus bayar tiket pesawat, yang itu SAMA SEKALI GA MURAH.. dan gw harus ngeluarin duit demi sesuatu yang sebenernya bikin gw takut (naik pesawat).

oke.. oke.. gw ga boleh ngamuk.. demi ALSA.. demi ALSA.. yang penting gw bisa berangkat!!!
jadi gw berangkat ama tim junior gw, Smansa B.

oya kenalin nih tim junior gw..

Nama : Diadra Annisa
Perawakan : Bule
Job : 1st speaker

dont judge book by its cover. diliat liat anaknya pendiem, kalem, lalalalaa.. dan ternyata... kacau abis.. ketawa campuran genderuwo ama mba kunti, distributor gosip hot -_-
imigran gelap dari perancis, fasih berbahasa inggris maupun perancis. huh. dunia ini ga adil. coba kalo jadi cewe, pilih salah satu dong.. pinter yah pinter.. jgn pinter sekaligus cantik dong.......
ga adil dunia..

Nama : Antonio Chamora
Perawakan : Tionghoa borju
Job : 2nd speaker

Selalu bangga dengan etnis tionghoa. suka naksir sesama tionghoa. benci kekotoran. freak kebersihan. polos. blum tau 'dunia dewasa'. gw heran deh di saat masa2 skrg, cwo2 pada ngeres2 pikirannya, doi malah kagak tau apa2.. di saat temen2 ngobrolin bokep, dia malah ling lung.. fiuh..

Nama : Anita Rahmawati (sudah pernah muncul di edisi sebelumnya, astramatika)
Job : 3rd speaker

gudang argumen. manusia jenius. manusia kalkulator. enak dibawa kalo lagi belanja, bisa mengkalkulasikan berapa banyak pengeluaran, berapa duit yang bisa dihemat, syalalalala... jago matematika, jago pula debat. kalo mo shopping paling enak brg doi. bisa jadi 'kalkulator' bisa pula jadi 'ngotot2an ama mba penjual minta turun harga'. multifungsi.

pergi brg mereka seru banget :)
yang jelas ALSA was my last debate competition..
dan pergi bareng mereka menyisakan memorial yang indah.. kok najis yah..

5 comments:

tiara aywrdn said...

LAH MASA SGTU DOANG?? lanjuut saaf!
btw ih apaan bgt sih sekolah?? gila.
udah g ngijinin pake coach yg bagus,mlh maksa menang,trus pake alasan2 regenerasi yg ga jelas tujuannya
IHH gemes sndri bcanya. org mau berprestasi ko dipersulit. kl mnang toh yg bangga skolah jg. LANJUT CERITANYA GAMAU TAU

insanmanusia said...

trus" hasilnya gimana??

brengsek emang skola.
mkanya skola baik" biar cepat lulus.

EC dbubarin???
kok aku baru tw sii?
asem gile kaget.

hahaha skola cemburu buta kah? hahahaha

perdelapan final tuh oke laah!!!

mungkin sekolah masih kebayang'bayang ama generasi sebelon"x yg prstasix pas d isdc wow tenan

tapi kn g bs dbndingin gtu aj..

skolah lain pasti juga improve kemampuan mereka...

smansa itu ...
isi sendiri.

safira said...

hehe tunggu yah.. ini baru berangkat sudah susahnya minta ampun.. apalagi perginya :'(

yang paling gemilang itu prestasinya sarah.. hampir masuk top 9 best speaker yang bakal pergi kw WSDC..
trus kaltim pernah juara 2..

gr2 takut ngerusak imej, maka kami yang kena getahnya.. huhuhu

(to be continued)

Unknown said...

Apa apaan itu aku jadi kalkulator za?? uahahahah!!! Aku baru tau sekarang loh ada postinganmu ini
smansa cantik2.. nio merusak kcantikan

buzzpopera said...

mski gtu, gw tetap mndukung kakak. nih jg skrg gw lge dlatih ama kak elza... seru abisss ^^